Rabu, 27 Oktober 2010

Kanker Terobati Dengan Tembakau

Para ahli telah menemukan suatu potensi besar tentang tanaman tembakau yang selama ini mendapat citra buruk masyarakat karena digunakan sebagai bahan pembuat rokok yang mengakibatkan jutaan kasus kanker di seluruh dunia. Ternyata tembakau dapat digunakan sebagai obat sejenis kanker limfoma kronis. Obat dari tembakau ini akan menyusun reaksi kekebalan pasien sendiri untuk memerangi sel-sel tumor mereka sendiri.

Obat ini dibuat dengan cara menggunakan pendekatan baru yang mengubah tanaman tembakau secara genetika untuk direkayasa menjadi pabrik vaksin tertentu. Limfoma adalah sejenis kanker yang melibatkan sel-sel sistem kekebalan tubuh. Seorang dokter dari Stanford University California mengatakan bahwa ini untuk pertama kali sejenis tanaman digunakan untuk menghasilkan protein guna disuntikkan kepada manusia dan akan menjadi cara mengobati kanker tanpa efek samping.


Para peneliti melukai daun tembakau dengan virus yang dibalut gen untuk menulari tanaman tersebut, yang selanjut menghasilkan protein anti-bodi yang juga terlihat dalam tumor pasien. Beberapa hari kemudian, daun itu dipetik dan ditumbuk jadi bubuk hijau. Dari daun itu, anti-bodi diambil dan dijernihkan. Bahan itu kemudian disuntikkan kembali ke tubuh pasien. Ini adalah pertama kalinya vaksin kanker dari tanaman telah diujicoba pada manusia. Vaksin yang berasal dari tanaman memiliki sejumlah keunggulan. Vaksin tersebut dapat dikembangkan jauh lebih cepat dan jauh lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar