Rabu, 18 Mei 2011

Tips Blog Dipenuhi Komentar


1. Tulis tentang blog lain

Tulislah blog lain yang menurut anda bagus. Bagus dalam arti isinya menarik serta traffic-nya ramai. Siapa tahu anda ketularan traffic blog tersebut sehingga komentar di blog anda mulai bermunculan. Pemilik blog yang anda tulis juga akan senang dengan tulisan anda. Hubungan mesra antar blogger bisa dimulai dengan cara seperti ini. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan balik merekomendasikan blog anda. Tapi sebaiknya blog yang anda tulis memiliki kesamaan topik dengan blog anda. Sehingga bisa dipastikan target pembacanya juga sama.


2. Tutup artikel dengan pertanyaan

Di akhir artikel, bertanyalah pada pembaca. Misal, “Apakah anda punya ide lain?” atau “Apakah artikel ini membantu anda?” Pertanyaan anda akan memancing pembaca untuk memberi komentar.


3. Pancing dengan berita hangat

Anda bisa awali tulisan dengan menceritakan hal yang lagi jadi bahan pembicaraan. Bisa tentang situasi terkini blogosphere dunia atau di Indonesia. Atau bisa juga mengenai hal lainnya seperti situasi politik atau ekonomi. Gosip artis pun boleh dipakai untuk menarik perhatian pembaca.


4. Tulis kontroversi

Menulis hal-hal kontroversial sangat menarik pembaca untuk ikut terlibat. Tidak masalah apakah nantinya pembaca blog setuju atau tidak dengan pendapat anda. Yang pasti, pembaca akan mengisi kolom komentar untuk mengutarakan pendapatnya.


5. Sabarlah

Kadang-kadang kita perlu sedikit bersabar menunggu datangnya komentar pertama. Biasanya setelah ada yang mulai memberi komentar, komentar-komentar berikutnya akan deras mengalir.


1 komentar: