Rabu, 09 Maret 2011

Koneksi Java dan MySQL

Untuk bisa menggunakan database pada suatu aplikasi Java dibutuhkan sebuah driver yang berfungsi sebagai konektor antara Java dan aplikasi database yang akan digunakan. Sehingga pengguna aplikasi bisa memasukkan data transaksi barang ke dalam database langsung dari aplikasi penjualan yang digunakan.

Pada penulisan ini penulis menggunakan MySQL dalam pembuatan databasenya sehingga memerlukan alat koneksi (driver) yang akan menghubungkan aplikasi dengan data yang ada pada MySQL. Driver yang digunakan adalah MySQL ODBC 3.51 Driver. Penggunaan driver tersebut dengan membuat sebuah kelas koneksi, adapun penggalan programnya sebagai berikut:

import java.sql.*;

public class Koneksi {

public Koneksi() {

}

public Connection bukaKoneksi() throws SQLException {

Connection con = null;

try {

Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);

con=DriverManager.getConnection(“jdbc:odbc:SIP”,”",”");

return con;

}

catch (SQLException se) {

System.out.println(“No Connection Open”);

return null;

}

catch (Exception ex) {

System.out.println(“Cound not open connection”);

return null;

}

}

}

Dalam driver diatas dimaksudkan bahwa kita akan mengkoneksikan aplikasi penjualan ini dengan database yang bernama “SIP”.

Seteleh kelas koneksi selesai dibuat. Selanjutnya penulis akan membahas pengaturan dari penggunakan konektor tersebut. Adapun langjkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pada menu Start di windows pilih Control Panel, kemudian pilih menu Administrasi Tools, lalu pilih Data Sources (ODBC).
  2. Pada pilihan User DSN, pilih menu Add di sebelah kanan, lalu pilih MySQL ODBC 3.5.1 Driver, lalu Finish. Maka akan muncul jendela seperti ini.

  1. Pada Data Source Name diisi nama “SIPDB”, Server diisi “localhost” dan Database diisi dengan nama database yang akan kita koneksikan yaitu “SIP”. Gunakan pilihan Test untuk mengetahui koneksi berhasil atau tidak, kalau sudah berhasil klik Ok.
  2. Maka selesai sudah proses pengkoneksian aplikasi penjualan ini denagan database SIP pada MySQL.
  3. Selanjutnya pindah ke menu Connect Option, pada field Port isikan nilai 3306 yang merupakan nilai default dari port.

Demikian cara mengkoneksikan database MySQL dan bahasa pemrograman Java. Cara seperti sudah sangat umum digunakan oleh programer tingkat menengah kebawah. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar